Cara Sehat dan Cara Cantik yang saat ini sangat dibutuhkan banyak orang, dengan kesehatan dan kecantikan hidup akan terasa lebih nikmat dan sempurna

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Dengan Cepat dan Sehat

Desain rumah terkini terbaru Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Dengan Cepat dan Sehat 2016. Kategori Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Dengan Cepat dan Sehat ~ Gatal pada selangkangan memang menjengkelkan, meskipun terkadang bukan penyakit serius tapi bisa membuat malu di muka umum. Karena kalau sudah gatal, terkadang tanpa disadari tangan akan menggaruk-garuk bagian daerah intim. Nah, tentu saja hal tersebut bisa sangat memalukan kalau terjadi di tempat umum yang ramai.

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Dengan Cepat dan Sehat
Ada beberapa penyebab yang mendatangkan penyakit gatal di selangkangan, yaitu :

Infeksi Jamur
Infeksi jamur merupakan penyebab tersering gatal di selangkangan, istilah medisnya tinea cruris. Jamur mudah tumbuh pada selangkangan karena umumnya daerah ini lembab apalagi kebersihannya kurang. Ciri khas dari jamur pada selangkangan yaitu berwarna merah-coklat sampai kehitaman dengan batas tegas seperti pulau (lihat gambar di atas), kulit bersisik (mengelupas) dan terkadang terdapat area yang sepertinya menyembuh di bagian tengah (central healing). Rasa gatal semakin parah ketika berkeringat.

Scabies
Skabies merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Salah satu tempat favoritnya adalah kulit yang tipis seperti sela-sela jari, perut, dan daerah selangkangan. Ditandai dengan rasa gatal pada kulit terutama di malam hari dan ada anggota keluarga atau teman satu rumah yang ikut terkena.

Reaksi alergi

Iritasi kimia seperti deterjen, semprotan tubuh, krim, salep, pelembut kain, busa kontrasepsi atau jeli dapat memicu reaksi alergi pada tubuh. Hal ini mungkin, pada gilirannya, menyebabkan pembentukan gatal, ruam merah pada selangkangan.

Intertrigo
Merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Hal ini terjadi ketika kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit atau dengan pakaian, yang diperburuk oleh kelembaban dan panas. Faktor risiko intertrigo mencakup obesitas, panas, dan kelembaban. Gejala Intertrigo yaitu kemerahan pada kulit, rasa terbakar, dan gatal-gatal di lipatan kulit termasuk lipat paha atau selangkangan.

Infeksi Bakteri
Iritasi seperti pada intertrigo membuat kulit menjadi rentan terhadap infeksi. Salah satunya adalah infeksi bakteri yang ditandai dengan gatal diselangkangan berwarna kemerahan, dan terbentuk nanah. Jika parah bisa menimbulkan rasa nyeri dan demam.


Penyebab lainnya
Ada banyak penyebab lain yang juga mungkin menimbulkan gatal di selangkangan. Seperti kutu kemaluan atau Phthirus pubis. Diabetes melitus yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah juga dapat menimbulkan gatal pada selangkangan. Bahkan mungkin akan memperburuk kondisi yang sudah ada.

Cara Mengatasi Gatal di SelangkanganUntuk dapat mengatasi gatal pada selangkangan dengan tuntas, langkah awal adalah menentukan penyebabnya. Selanjutnya lakukan langkah berikut ini:
  • Langkah pertama adalah mengobati penyebab yang mendasari seperti jamur maka diobati dengan anti jamur baik cream ataupun obat minum. Untuk infeksi bakteri maka memerlukan antibiotik, dan untuk scabies maka diperlukan obat anti scabies. Dalam hal ini sangat perlu diagnosis dan terapi dari dokter.
  • Mengatasi rasa gatal dengan minum obat anti gatal.
  • Gunakan pakaian atau celana yang longgar sehingga mengurangi panas dan kelembapan, dan jangan menggunakan celana yang ketat.
  • Setelah mandi keringkan daerah selangkangan dengan handuk yang bersih.
  • Stop kebiasaan sering pakai baju secara bergantian dengan orang lain.
  • Hindari penggunaan produk seperti deodoran di daerah selangkangan atau produk lainnya yang berpotensi mengiritasi kulit dan membuat gatal semakin parah.
  • cara cepat memanjangkan rambut botak Jangan menggaruk secara rutin dan berlebihan karena akan menambah iritasi dan memperparah gatal yang terjadi.
  • Jika diperlukan, terapkan es atau kompres dingin pada selangkangan yang berfungsi mengurangi gatal dan peradangan.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan Dengan Cepat dan Sehat"

Back To Top